Syukuran Laut Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara

 Syukuran Laut Pantai Lunci
Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah
(Sumber : http://sukamarakab.go.id/artikel-249-syukuran-laut-pantai-lunci.html )
 
Foto Saat Acara Syukuran Laut Pantai Lunci


Untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan, atas melimpahnya hasil tangkapan laut masyarakat di daerah pesisir Sukamara mengadakan Upacara Syukuran laut. Tampung Tawar laut sendiri menggambarkan pemahaman masyarakat pesisir untuk menghormati alam dan kemurahan sang Pencipta atas melimpahnya hasil tangkapan ikan.Pesta Laut atau tampung tawar laut, sudah menjadi tradisi masyarakat setempat yang berasal dari tradisi masyarakat pantai sejak ratusan tahun lalu. Memberi sesaji laut adalah tradisi yang dikenal dalam banyak budaya seperti halnya larungan dalam budaya jawa. Tradisi ini merupakan gambaran pembauran keragaman masyarakat pesisir Kalimantan antara budaya Melayu dan Dayak sejak dulu kala.

Acara Syukuran Laut di Kecamatan Pantai Lunci ke – 6 tahun 2015 dilaksanakan pada hari rabu, 16 desember 2015 pukul 08.00 wib. Acara ini sendiri dipimpin para Pemuka Adat atas melimpahnya rizki yang diberikan Tuhan yang maha kuasa dalam mencari nafkah dari hasil melaut. sekaligus untuk menjaga, mendukung dan melestarikan budaya syukuran laut.

Acara ini dihadiri Bupati Sukamara H. Ahmad Dirman, Wakil Bupati Sukamara H. Windu Subagio, Perwira Penghubung TNI, Staf Ahli Bupati Sukamara, Asisten Sekretariat Daerah Kab. Sukamara, Kepala SKPD Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sukamara,.

Bupati Sukamara H.Ahmad Dirman dalam sambutannya mengatakan potensi di suatu daerah harus didukung oleh sumberdaya manusia yang memadai dan berkualitas, maka segala potensi tersebut dapat diberdayakan secara optimal. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kelestarian ekosistem pantai, sehingga kawasan laut dan pesisir pantai dapat menjadi tempat yang subur bagi tumbuh dan berkembang biaknya ikan yang pada gilirannya nanti menjadi rezeki tangkapan.

Beliau juga berharap program peningkatan kegiatan ekonomi warga masyarakat terlaksana dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya,beliau juga menambahkan acara ini untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan tidak saja menjadi acara rutin, tetapi juga bisa sebagai ajang promosi potensi kepariwisataan dan kelautan.

Di harapkan melalui acara ini terus dipertahankan dan ditingkatkan tidak saja menjadi acara rutin, tetapi juga bisa sebagai ajang promosi potensi kepariwisataan dan kelautan. Semoga dengan adanya syukuran laut ini, semoga menjadi sarana promosi wisata pesisir kawasan Pantai Lunci.
Share:

1 komentar:

MEMORI FOTO

http://picasion.com/

Pengunjung

Isi Blog Saya

TERJEMAHAN

Mengenai Saya

Foto saya
Sukamara, Kalimantan Tengah, Indonesia
Hai, Saya Sandi Irawan. Saya Berasal Dari Desa Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara, Kalteng. Saya Menyelesaikan Pendidikan di SDN 1 Sungai Tabuk, MTs Darul Ulum Sungai Tabuk, SMAN 1 Pantai Lunci Dan Selesai Kuliah di Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Kalender Masehi Dan Hijiriah




Kritik dan Saran

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Postingan Terbaru

DUKUNG SAYA

Tonton Video Saya Like dan Komentar Serta share KLIK YOUTUBE SAYA Terima Kasih Anda Sudah Berkunjung.