Suasana Laut Di Kabupaten Sukamara, Kal - Teng

KAMPUNG NELAYAN PANTAI LUNCI
( Sumber : http://www.sukamarakab.go.id )

Aktifitas nelayan mulai terlihat ketika matahari perlahan naik.Mengawali aktifitas untuk menghidupi keluarga para nelayan di pesisir Pantai Lunci  mulai  mengangkat sauh kapal-kapal serta perahu mereka  untuk bergerak menangkap ikan  ke tengah laut.

Menangkap ikan merupakan suatu kegiatan yang sudah di lakukan masyarakat pesisir Pantai Lunci sejak dahulu kala.Para nelayan sudah menggunakan alat modern yakni perahu motor,para nelayan di wilayah pesisir biasannya datang bergerombol untuk menangkap ikan di wilayah Gosong Selaka yang kaya akan ikan.Saking banyak nya ikan di wilayah ini membuat para nelayan dari pulau jawa seperi Indramayu,Kepulauan Karimun untuk datang mencari ikan di wilayah ini.Tak ketinggalan pula para juragan dari kawasaan provinsi Pontianak dan Ketapang datang untuk berburu ikan segar di wilayah pesisir ini.
Sebagai desa nelayan panorama nyiur melambai menjadi ikon kampung  di kawasan Pesisir Kecamatan Pantai Lunci. Kawasan yang selain menjadi pemasok protein kawasan ini juga merupakan unggulan wisata bahari di Kabupaten Sukamara dengan sejuta pesona alam dengan keindahan pasir putih pantainya serta rumah-rumah penduduk yang menghadap kelaut dan hanya dibatasi tanggul beton untuk mencegah abrasi ombak air laut yang datang ketika pasang.
Hasil-hasil laut di Kampung nelayan di pesisir Pantai Lunci saat ini telah menjadi komoditi ekspor unggulan. Tak tanggung-tanggung hasil laut seperti kepiting rajungan, kepiting bakau, udang ebi, dan ikan jaan telah dikirim ke pasar mancanegara. Kebutuhan gizi protein laut yang tinggi dari negara Cina, Jepang, Korea, dan Singapura menjadi satu peluang besar yang harus ditangkap masyarakat kampung nelayan.
Untuk mendukung pengembangan sentra ekonomi perikanan dan menghadapi pasar mancanegara dalam menghadapi Pasar Ekonomi Asean(MEA) di kampung nelayan Kecamatan Pantai Lunci, Pemerintah Kabupaten Sukamara telah membangun fasilitas infrastruktur jalan hotmiks sepanjang 25 km. Proyeksi bisnisnya dengan terhubungnya jalan ini akan membuka akses ekonomi ke kampung nelayan.
Usaha ekonomi para nelayan di pesisir ini masih terkendala dengan keterbatasan ketrampilan melaut yang masih sangat sederhana. Padahal potensi laut yang sangat ini belum mampu dikelola secara maksimal oleh para nelayan tradisional ini. Apalagi jika mereka harus bersaing dengan para nelayan dari seberang pulau yang sangat handal dengan ketrampilan dan teknologi perikanan yang mumpuni dan  belum lagi dalam mengadapi kebutuhan pasar Mancanegara yang semakin banyak permintaan.
Para nelayan di pesisir Pantai Lunci saat ini memerlukan pendampingan perikanan yang terpadu. Baik itu meliputi bekal ketrampilan melaut,teknologi melaut dan manajemen pemasaran. 
Semoga dengan adanya kampung nelayan ini mampu menjadi sentra ekonomi yang mandiri . Amin
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMORI FOTO

http://picasion.com/

Pengunjung

Isi Blog Saya

TERJEMAHAN

Mengenai Saya

Foto saya
Sukamara, Kalimantan Tengah, Indonesia
Hai, Saya Sandi Irawan. Saya Berasal Dari Desa Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara, Kalteng. Saya Menyelesaikan Pendidikan di SDN 1 Sungai Tabuk, MTs Darul Ulum Sungai Tabuk, SMAN 1 Pantai Lunci Dan Selesai Kuliah di Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Kalender Masehi Dan Hijiriah




Kritik dan Saran

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Postingan Terbaru

DUKUNG SAYA

Tonton Video Saya Like dan Komentar Serta share KLIK YOUTUBE SAYA Terima Kasih Anda Sudah Berkunjung.