Edisi Shubuh " Istimewanya Shubuh "

KEISTIMEWAAN SHUBUH
(Oleh : 
Ibadah sholat mungkin menjadi ritual yang biasa dilakukan oleh setiap muslim di dunia. Sholat sendiri mengandung manfaat jasmani dan rohani yang luar biasa bagi diri setiap insan. Manfaat jasmani itu berupa sehat secara fisik karena gerakan sholat mulai dari takbiratul ikhram sampai salam semuanya memiliki manfaat sendiri-sendiri, melancarkan peredaran darah misalnya sehingga mencegah stroke. Sedangkan manfaat rohaninya yaitu dengan sholat kita menjadi tenang, kondisi psikis kita menjadi lebih stabi. Oleh karena itu Allah berfirman, “Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu”
Perintah sholat  disampaikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW secara langsung dengan melalui proses yang begitu menakjubkan yang kita kenal dengan Isro' Mi'roj.
Ibadah yang merupakan rukun islam kedua setelah Syahadat ini dilakukan 5 waktu dalam sehari semalam. Seperti firman Allah “Dirikanlah sholat sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam. Dan dirikanlah pula sholat subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh) malaikat.” (QS Al-Isra: 78)
Di antara 5 waktu sholat yang diperintahkan, perintah sholat subuh ini paling sering kita dengar dan banyak sekali ayat dan dalil yang menyatakan keutamaan sholat subuh. Karena ujian ketika hendak melaksanakan sholat subuh ini juga sangat luar biasa begitupun jaminan dan janji Allah akan pahala yang besar bagi yang melaksanakan. Salah satu ujian terberat ketika hendak melaksanakan sholat subuh adalah “ngantuk” yang kadang tidak bisa diajak kompromi.  Pada jam-jam itu adalah nyaman-nyamannya orang tidur pulas. Sehingga kencangnya suara adzan subuhpun kadang tidak sampai di telinga karena jiwa kita masih berada di alam mimpi.  Oleh karena itu, tak sedikit muslim yang sering mengabaikan perintah Allah ini. Lengketnya mata adalah alasan yang sudah umum.
Lafal adzan subuhpun berbeda dengan adzan di 4 waktu sholat lainnya. Letak perbedaanya adalah pada lafal yang artinya, “Sholat lebih baik daripada tidur.”
Untuk seorang yang sedang belajar seperti saya ini bisa melakukan sholat subuh adalah sebuah nikmat yang luar biasa. Dimana saya bisa membuktikan kepada diri saya bahwa saya bisa melawan rasa kantuk dan mengorbankan waktu ternyaman untuk tidur demi sholat subuh. Demi ingin dipertemukan dengan malaikat meski saya tidak bisa melihat secara kasat mata. Sholat subuh menjadi hal yang selalu istimewa sejak dulu dan sampai kapanpun. Pun sebaliknya, ketika lalai dalam melaksanakan sholat subuh saya merasa menjadi orang yang sangat berdosa. Seolah semua amal kebaikan yang telah saya lakukan tidak berarti karena meninggalkan waktu terbaik itu. Akan tetapi, bukan berarti sholat di 4 waktu sholat lainnya tidak istimewa dan tidak saya kerjakan. Doakan yaa, semoga saya istiqomah dan bisa berjumpa dengan subuh-subuh yang lain. Aamiin..
-DeAnhl-
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMORI FOTO

http://picasion.com/

Pengunjung

Isi Blog Saya

TERJEMAHAN

Mengenai Saya

Foto saya
Sukamara, Kalimantan Tengah, Indonesia
Hai, Saya Sandi Irawan. Saya Berasal Dari Desa Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara, Kalteng. Saya Menyelesaikan Pendidikan di SDN 1 Sungai Tabuk, MTs Darul Ulum Sungai Tabuk, SMAN 1 Pantai Lunci Dan Selesai Kuliah di Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Kalender Masehi Dan Hijiriah




Kritik dan Saran

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Postingan Terbaru

DUKUNG SAYA

Tonton Video Saya Like dan Komentar Serta share KLIK YOUTUBE SAYA Terima Kasih Anda Sudah Berkunjung.