Tujuan Kita Hidup Apa Sih ?

Apa Sih Tujuan Hidup Kita ???
Ketika orang - orang sibuk dengan urusan dunia, mencari kemegahan kehidupan, melakukan kerjasama dibidang apa saja demi memperkaya diri sendiri. Disaat itu pula timbul pertanyaan, sebenarnya apa tujuan hidup manusia didalam kehidupan ini, apakah hanya mencari harta, memperbanyak kawan, atau berkerja serta melakukan penyembahan kepada Tuhan.
Untuk menjawab itu semua mari kita kaji Ayat Al-Qur'an berikut :
Sebagaimana yang Allah ‘Azza wa Jalla firmankan :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia melainkan untuk beribadah kepadaku”. [Adz Dzariyat [51] : 56].


Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus (jauh dari syirik)”. [Al Bayyinah [98] :5 ]
Wahai sekalian umat manusia, dari firman Allah diatas, ada poin penting yang Allah katakan yaitu Manusia dan Jin diciptakan untuk beribadah kepada Allah. Menyangkut poin tersebut, terfikirlah dibenak kita apakah tujuan hidup kita hanyalah beribadah saja, terus bagaimana hidup kalau beribadah terus, bagaiamana mencari ilmu kalau ibadah melulu.

Untuk menjawab itu kita harus mendalami tentang makna Ibadah dalam arti yang luas bukan makna ibadah dalam artian sempit. Ibadah adalah secara bahasa adalah tunduk atau merendahkan diri. Sedangkan secara istilah atau syara', ibadah merupakan suatu ketaatan yang dilakukan dan dilaksanakan sesuai perintah-Nya, merendahkan diri kepada Allah SWT dengan kecintaan yang sangat tinggi dan mencakup atas segala apa yang Allah ridhai baik yang berupa ucapan atau perkataan maupun perbuatan yang dhahir ataupun bathin. Adapun ibadah terbagi tiga yaitu ibadah hati, ibadah lisan dan ibadah anggota badan atau perbuatan. 
Ibadah hati (qalbiah) antara lain : memiliki rasa takut, rasa cinta (mahabbah), mengharap (raja'), senang (raghbah), ikhlas, tawakkal.
Ibadah lisan & hati (lisaniyah wa qalbiyah) antara lain :  dzikir, tasbih, tahlil, tahmid, takbir, syukur, berdoa, membaca ayat Al-qur'an.
Ibadah perbuatan fisik dan hati (badaniyah wa qalbiyah) antara lain : sholat, zakat, haji, berjihad, berpuasa. 
Masih banyak contoh-contoh lain dari jenis-jenis ibadah. Dalam mengetahui apakah ibadah yang dilakukan diridhai atau dicintai Allah dapat kita ketahui melalui perintahnya yang telah tertuang dalam kitab suci Al-Qur'an dan Hadits Nabi, segala tindakan yang dilakukan karena ibadah mengandung kebaikan bagi orang lain. Syarat ibadah dengan benar yakni ikhlas dan ittiba' sesuai dengan ajaran dan tuntunan Rasulullah SAW.

Jadi jelaslah bahwa ibadah merupakan satu kata yang mencakup segala hal yang dicintai oleh Allah SWT dan diridhai-Nya, baik itu perkataan ataupun perbuatan, perkara dhahir ataupun batin. (http://www.seputarpengetahuan.com/2015/04/pengertian-ibadah-dalam-islam-terlengkap.html ) (Sandi).
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMORI FOTO

http://picasion.com/

Pengunjung

Isi Blog Saya

TERJEMAHAN

Mengenai Saya

Foto saya
Sukamara, Kalimantan Tengah, Indonesia
Hai, Saya Sandi Irawan. Saya Berasal Dari Desa Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara, Kalteng. Saya Menyelesaikan Pendidikan di SDN 1 Sungai Tabuk, MTs Darul Ulum Sungai Tabuk, SMAN 1 Pantai Lunci Dan Selesai Kuliah di Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Kalender Masehi Dan Hijiriah




Kritik dan Saran

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Postingan Terbaru

DUKUNG SAYA

Tonton Video Saya Like dan Komentar Serta share KLIK YOUTUBE SAYA Terima Kasih Anda Sudah Berkunjung.