SUKAMARA KAL-TENG HOME INDUSTRI HASIL LAUT

BERKAH HOME INDUSTRI MASYARAKAT PESISIR
(Sumber : http://www.sukamarakab.go.id/artikel-264-berkah-home-industri--masyarakat-pesisir.html)
Wilayah pesisir Pantai Lunci memiliki zona produktif Kawasan Perikanan Tangkap di Kawasan Gosong Selaka, Gosong Jelai, dan Gosong Aruba. Kawasan terumbu karang ini merupakan  salah satu destinasi utama para nelayan di Laut Jawa. Para pelaut ini datang dari seberang lautan seperti Indramayu, Kepulauan Karimun, Pontianak bahkan nelayan dari Muara Angke Jakarta. Para juragan ikan dari kawasan tetangga seperti Pontianak dan Sampit berburu ikan segar dan olahan hasil laut di kawasan ini melalui jalur darat.
Hasil-hasil laut di kawasan Pantai Lunci saat ini telah menjadi komoditi ekspor unggulan Bumi Gawi Barinjam. Tak tanggung-tanggung hasil laut seperti kepiting rajungan, kepiting bakau, udang ebi, dan ikan jaan telah berhasil menembus pasar ekspor. Home industri yang di kelola masyarakat ini bahkan telah menembus pasar mancanegara seperti Cina, Jepang, Korea, dan Singapura.

Kebutuhan gizi protein laut yang tinggi dari negara tersebut menjadi peluang besar yang harus dikembangkan. Potensi alam sumberdaya alam ini membuka kesempatan ekonomi masyarakat terus bergerak. Dengan hasil laut yang melimpah mendorong warga pesisir untuk mengolah hasil tangkapan ini dalam bentuk usaha home industri.

Uniknya home industri ini digerakkan oleh ibu-ibu rumah tangga yang bekerja paruh waktu di rumah para juragan. Berbagai hasil olahan dihasilkan dari tangan mereka seperti udang ebi, udang papai (bahan untuk terasi), kepiting rajungan, dan ikan asin. Prinsipnya hasil-hasil laut ini dikelola dari bahan mentah menjadi hasil olahan setengah jadi. Kemudian melalui pengemasan yang apik siap dikirim pasar ekspor.

Tulang punggung perekonomian di sektor perikanan ini memberi kesempatan bagi Kabupaten Sukamara untuk meningkatkan Pendapatan asli Daerah.  Kawasan sentra ekonomi unggulan ini berpeluang menyerap banyak tenaga kerja. Semoga home industri menjadi berkah ekonomi bagi Bumi Gawi Barinjam. Amin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMORI FOTO

http://picasion.com/

Pengunjung

Isi Blog Saya

TERJEMAHAN

Mengenai Saya

Foto saya
Sukamara, Kalimantan Tengah, Indonesia
Hai, Saya Sandi Irawan. Saya Berasal Dari Desa Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara, Kalteng. Saya Menyelesaikan Pendidikan di SDN 1 Sungai Tabuk, MTs Darul Ulum Sungai Tabuk, SMAN 1 Pantai Lunci Dan Selesai Kuliah di Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Kalender Masehi Dan Hijiriah




Kritik dan Saran

Nama

Email *

Pesan *

Postingan Terbaru

DUKUNG SAYA

Tonton Video Saya Like dan Komentar Serta share KLIK YOUTUBE SAYA Terima Kasih Anda Sudah Berkunjung.