BAKA UM PALANGKARAYA SELENGGARAKAN PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI

BAKA UM PALANGKARAYA
SELENGGARAKAN PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI
(Oleh : Sandi Irawan AHS)
Palangka Raya – Organisasi merupakan kumpulan orang-orang yang membentuk satu tujuan yang sama. Pada jenjang SMP dan SMA organisasi dalam skala kecil telah diperkenalkan pada siswa-siswi di sekolah seperti OSIS, PMR, PRAMUKA, dll. Selanjutnya, jenjang Organisasi yang lebih tinggi yaitu di Perguruan Tinggi. Berorganisasi di Perguruan Tinggi memerlukan ketekunan, keuletan serta kesabaran, karena yang bergabung didalam organisasi tersebut, dituntut untuk menghidupkan dan mengembangkannya serta mencari penerus organisasi.

Dalam hal ini pula, banyak yang salah kaprah dalam mengartikan organisasi. Organisasi dianggap sebagai ladang uang, ada pula yang beranggap organisasi biang masalah dan menghambat nilai kuliah. Pemikiran seperti ini perlu diluruskan dan diberikan kesadaran bahwa pentingnya untuk berorganisasi untuk bekal bersosialisasi dan mencari link tambahan, dan manfaat lainnya.

Berorganisasi dituntut pula orang-orang yang faham dalam tugas serta strukturnya. Banyak yang ikut beroraganisasi namun ikut-ikutan saja tanpa tau apa tugasnya. Melihat fenomena ini, perlu adanya pelatihan manajemen organisasi yang akan memberikan bekal terhadap pengiat organisasi. Melalui BAKA UM Palangka Raya kegiatan Pelatihan Manajemen Organisasi diselenggarakan pada Jum’at, 03 Juni 2016 pukul 08.30 s.d 11.00 WIB bertempat di Aula Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Kegiatan pelatihan manajemen organisasi dibuka oleh Wakil Rektor 1 Dr, Soenedi, M.Pd. Dalam sambutan yang sampaikan oleh Wakil Rektor 1 ia mengatakan selama ini mahasiswa belajar berorganisasi secara otodidak.Sehingga banyak program kerja yang tidak bernilai jual. Diakhir sambutannya ia mengatakan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan kegiatan yang dilaksanakan kedepan dapat dijual dalam artian dapat mencari bantuan dana dengan mudah. Tidak lupa pula ia menyampaikan untuk menanamkan jiwa disiplin.



Dalam kegiatan pelatihan tersebut menghadirkan pemateri yang handal dalam berbagai hal baik dunia organisasi, bisnis, pemerintahan dan banyak kegiatan lainnya. Pemateri tersebut bernama Wellem Harto berasal dari Banjarmasin dan telah menyelesaikan S1 nya di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam pemaparan materi yang disampaikan dalam waktu 3 jam lebih, ada beberapa hal penting yang dapat dikutip yaitu ILMU KEORGANISASIAN terdiri dari Pemahaman organisasi, Ciri-ciri organisasi yang baik, Manajemen job disk dalam organisasi, Strategi kaderisasi organisasi, Manajemen konflik dalam organisasi, Strategi pembuatan Proker Organisasi, Tujuan/Manfaat berorganisasi dan ILMU TEKNIS/LAPANGAN terdiri dari Manajemen event, Strategi Membuat Proposal, Strategi pemasaran organisasi, Strategi membentuk kemitraan/sponsorship, Manajemen Administrasi Organisasi. Di akhir paparan materi ia mengatakan bahwa pelatihan ini hanya awal saja, karena tidak cukup belajar manajemen dengan waktu 3 jam. Semoga dilain waktu kita berjumpa lagi dan dapat kembali memaparkan materi yang sama dengan syarat memberikan waktu 3 hari untuk materi ini, biodata peserta telah dicantumkan jauh hari sebelum acara pelatihan dimulai.
 Pelatihan Manajemen Organisasi Mahasiswa dihadiri oleh Wakil Rektor 1, Kepala BAKA UM Palangkaraya, Kabid Kemahasiswaan, serta mahasiswa yang tergabung dalam organisasi, seperti IMM CABANG Kota Palangka Raya, KORKOM IMM UM Palangka Raya, BEM UM Palangka Raya, HIMA Teknik, BEM FISIP, MEA UM Palangkaraya, HIMA FARMASI, HMI Ahamad Dahlan UM Palangka Raya.(Sandi AHS)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMORI FOTO

http://picasion.com/

Pengunjung

Isi Blog Saya

TERJEMAHAN

Mengenai Saya

Foto saya
Sukamara, Kalimantan Tengah, Indonesia
Hai, Saya Sandi Irawan. Saya Berasal Dari Desa Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara, Kalteng. Saya Menyelesaikan Pendidikan di SDN 1 Sungai Tabuk, MTs Darul Ulum Sungai Tabuk, SMAN 1 Pantai Lunci Dan Selesai Kuliah di Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Kalender Masehi Dan Hijiriah




Kritik dan Saran

Nama

Email *

Pesan *

Postingan Terbaru

DUKUNG SAYA

Tonton Video Saya Like dan Komentar Serta share KLIK YOUTUBE SAYA Terima Kasih Anda Sudah Berkunjung.