KENAPA
HARUS BERORGANISASI…????????
Dalam Kutipan Wikipedia Mengatakan: “Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi”.
Hukum
Organisasi
Membuat organisasi
adalah perkara muamalah, dan muamalah itu hukum asalnya mubah. Dan tentu saja
membuat organisasi untuk dakwah dan menolong Islam adalah bentuk saling
tolong-menolong dalam kebaikan. Allah Ta’ala berfirman:
“tolong-menolonglah
dalam kebaikan dan taqwa, dan janganlah tolong-menolong dalam dosa dan
permusuhan” (QS. Al Maidah: 2).
Oleh : Syukri Ilyas, S.Ag. MA
( Penyuluh Agama Islam
Fungsional Kemenag Batam )
Terdapat dua kata bantu yang terdapat dalam al-Qur’an
untuk mempelajari pengorganisasian ini. Kata
tersebut adalah ( Shaff ) dan ( ummat ). Penulis
akan membahas dua kata tersebut satu per satu.
Penulis mengidentikkan kata ( shaff )
ini dengan organisasi. Jadi organisasi menurut analisis kata ini adalah
suatu perkumpulan atau jamaah yang mempunyai
sistem yang teratur dan tertib untuk mencapai tujuan bersama. Dalam surah
al-Shaff ayat 4 dikemukakan:
إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ
الَّذِينَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِهِ صَفًّا كَأَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَرْصُوصٌ
Artinya: Sesungguhnya Allah
menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur
seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.
Maksud dari shaff disitu menurut al-Qurtubi adalah
menyuruh masuk dalam sebuah barisan (organisasi) supaya terdapat keteraturan
untuk mencapai tujuan.
Dalam sebuah hadits diterangkan:
Artinya: “Sesungguhnya
Allah mencintai orang yang jika melakukan suatu pekerjaan dilakukan dengan
“tepat, terarah dan tuntas“.
Suatu pekerjaan apabila
dilakukan dengan teratur dan terarah, maka hasilnya juga akan baik. Maka dalam
suatu organisasi yang baik, proses juga dilakukan secara terarah dan teratur.
Dalam ayat lain diterangkan:
وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا
فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ
Artinya : Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan
janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan
hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang
sabar. (Q.S. al-Anfal: 46)
Ayat tersebut menerangkan bahwa dalam sebuah organisasi
tidak boleh terdapat percekcokan yang membawa
kepada permusuhan yang pada akhirnya mengakibatkan hancurnya kesatuan. Dalam
tafsirnya al-Maraghi menerangkan pertentangan yang menyebabkan rusaknya
koordinasi dan organisasi akan membawa kepada kelemahan dan kegagalan.
Berorganisasi sangat penting dan merupakan hal yang pokok
untuk menjalankan sebuah manajemen. Al-Qur’an menjelaskan:
أقِيمُوا
الدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ…
”….Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah
tentangnya…”(Q.S.Al-Syuura: 13)
Ayat di atas menjelaskan bahwa anggota organisasi
dilarang keluar dari organisasi dan dilarang memecah belah organisasi.Perkataan dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib:
اَلْحَقُّ بِلاَ نِظَامٍ يَغْلِبُهُ اْلبَاطِلُ بِالنِّظَامِ
“Kebenaran yang tidak diorganisir dapat
dikalahkan oleh kebatilan yang diorganisir.”
(
https://www.jurnal.id/id/blog/2017-8-manfaat-organisasi-bagi-kehidupan-sosial-anda/
)
Dalam tulisan ini ia
mengatakan bahwa ada 8 Manfaat Organisasi Bagi Kehidupan Sosial Kita, Yaitu:
Mencapai Tujuan
yang Diharapkan Bersama
Terbentuknya suatu
organisasi tentu memiliki suatu tujuan yang berkaitan dengan keinginan para
anggotanya. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari berorganisasi adalah
tercapainya tujuan tersebut dengan lebih mudah. Mengapa demikian? Karena dalam
sebuah organisasi terdapat struktur pembagian kerja serta struktur tata
hubungan kerja bagi setiap anggotanya, sehingga meskipun masing-masing
anggota memiliki peran sendiri-sendiri, akan tetapi satu dengan lainnya
saling berkaitan, sehingga proses penyelesaian untuk mencapai tujuan tersebut
bisa lebih cepat dan mudah.
Masalah Dapat
Terpecahkan
Dalam sebuah
organisasi, permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi. Entah karena
perbedaan pendapat atau permasalahan dalam segi fiskal sebuah kelompok.
Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus
bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang
lebih kompleks dan majemuk.
Menambah
Pengetahuan dan Wawasan
Dalam sebuah organisasi,
tentu para anggotanya harus terus menunjukkan perkembangan. Hal inilah yang
akan membuat anggota sebuah organisasi akan terpacu untuk mengembangkan pola
pikir menyesuaikan dengan zaman yang terus berkembang. Selanjutnya, organisasi
yang sedang dijalankan tersebut akan semakin menarik dan secara tidak langsung
juga akan menambah pengetahuan serta wawasan untuk setiap anggotanya.
Timbulnya Semangat
Kerjasama
Mau tidak mau setiap
anggota organisasi dituntut untuk ikut serta dalam setiap hal yang berkaitan
dengan organisasi tersebut. Dan dalam setiap hal yang berkaitan dengan
orang banyak tentu tidak dapat dibebankan hanya pada satu orang saja, tetapi
dibutuhkan kerjasama dari anggota lainnya. Dengan demikian, manfaat organisasi
lainnya dapat memacu semangat anggota untuk saling bekerja sama agar tujuan
yang hendak mereka capai bisa terwujud.
Mengembangkan
Kemampuan Public Speaking
Bagi sebagian orang,
memiliki kemampuan dan keberanian untuk berbicara di depan umum merupakan hal
yang tidak mudah, butuh waktu yang lama untuk melatih dirinya agar memiliki
kemampuan tersebut. Organisasi merupakan suatu tempat yang tepat bagi seseorang
untuk dapat melatih dan mengembangkan kemampuan serta keberanian seseorang
terkait public speaking, seperti menyampaikan pendapat, berpidato, dan lain
sebagainya.
Melatih Jiwa
Kepemimpinan
Ada ungkapan yang
menyatakan bahwa “setiap orang dari kamu adalah pemimpin dan kamu bertanggung
jawab terhadap kepemimpinan”. Maksud dari pernyataan tersebut adalah bahwa
setiap orang pasti akan menjadi seorang pemimpin, baik itu bagi dirinya sendiri
maupun bagi orang lain. Organisasi merupakan suatu tempat di mana jiwa
kepemimpinan dalam diri kita bisa terasah, yaitu dengan mengedepankan
kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi. Selain itu, dalam suatu
organisasi seseorang diajarkan bagaimana cara mengambil keputusan yang bijak
dengan tidak merugikan pihak manapun.
Membentuk
Emotional Intelegent
Organisasi yang
dibentuk tidak hanya akan melatih kepribadian kita supaya bisa menjadi lebih
baik, namun juga bisa berpengaruh terhadap perkembangan emosi. Organisasi
sebagai lingkungan yang baik akan membentuk emosi yang baik juga. Dengan
emotional intelegent, maka membuat kita bisa bergaul dan menghadapi berbagai
sifat atau karakter orang yang berbeda-beda.
Belajar Membagi
Waktu
Waktu memang sangat
penting untuk semua orang, dan setiap orang bisa sukses jika selalu menghargai
waktu yang sudah diberikan. Organisasi menjadi tempat yang baik untuk belajar
agar bisa menghargai waktu dan juga mengatur jadwal dari kegiatan dalam
organisasi tersebut.
Manfaat organisasi
sangat beragam bagi kehidupan sosial Anda. Dalam sebuah organisasi, tentu
dibutuhkan pemikiran yang sistematis dan efisien dalam melakukan berbagai hal
termasuk dalam mengatur keuangan. Organisasi juga membutuhkan sistem keuangan
yang baik untuk terus menjaga organisasi tetap berjalan dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar