Mars Muhammadiyah dan Makna

Mars Muhammadiyah
(K.H. Djarnawi Hadikusumo)

Sang Surya Tetap Bersinar
Syahadat Dua Melingkar
Warna Yang Hijau Berseri
Membuatku Rela Hati

Ya Allah Tuhan Rabbiku
Muhammad Junjunganku
Al Islam Agamaku
Muhammadiyah Gerakanku Di Timur fajar Cerah Gemerlapan
Mengusir Kabut Hitam
Menggugah Kaum Muslimin
Tinggalkan Peraduan

Lihatlah Matahari Telah Tinggi
Di Ufuk Timur Sana
Seruan Illahi Rabbi
Samina Wa Atthona

Ya Allah Tuhan Rabbiku
Muhammad Junjunganku
Al Islam Agamaku
Muhammadiyah Gerakanku

MAKNA LAGU MARS MUHAMMADIYAH

a.    Bait Pertama
Menjelaskan tentang lambang muhammadiyah yang terdiri dari kalimat syahadat, lambang matahari dan warna hijau yang merupakan ciri khas Islam.

b.    Bait Ke-Dua
Menjelaskan arti tentang syahadat bahwa Allah adalah satu-satunya Rabb yang wajib disembah, kemudian Muhammad merupakan nabi yang wajib diikuti, islam merupakan jalan hidup kita, dan melalui organisasi Muhammadiyah kita berdakwah dan mengabdi kepada umat.

c.    Bait Ke-Tiga
Memberikan semangat kepada kaum muslimin bahwa ketika Fajar telah menyingsing dan mengganggu kabut hitam yang di ibaratkan sebagai awan malam untuk beranjak pergi meninggalkan segala perbuatan yang membuat sibuk dengan urusan dunia sehingga lupa akan urusan akherat. Dan kaum muslim di serukan untuk bersama – sama bangkit dari kemalasan untuk menuju hari yang cerah.

d.   Bait Ke-Empat
Dalam bait ke-empat ini masih berhubungan dengan bait ketiga bahwa untuk selalu Sami’na Wa At-Tho’na artinya selalu mendengar dan taat kepada perintah ALLAH SWT atau dengan kata lain menjalankan Islam dengan rela hati tanpa ada paksaan sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Share:

1 komentar:

MEMORI FOTO

http://picasion.com/

Pengunjung

Isi Blog Saya

TERJEMAHAN

Mengenai Saya

Foto saya
Sukamara, Kalimantan Tengah, Indonesia
Hai, Saya Sandi Irawan. Saya Berasal Dari Desa Sungai Tabuk, Kec. Pantai Lunci, Kab. Sukamara, Kalteng. Saya Menyelesaikan Pendidikan di SDN 1 Sungai Tabuk, MTs Darul Ulum Sungai Tabuk, SMAN 1 Pantai Lunci Dan Selesai Kuliah di Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Kalender Masehi Dan Hijiriah




Kritik dan Saran

Nama

Email *

Pesan *

Postingan Terbaru

DUKUNG SAYA

Tonton Video Saya Like dan Komentar Serta share KLIK YOUTUBE SAYA Terima Kasih Anda Sudah Berkunjung.